Tips & Trik untuk Menambah Selera Makan Anak anak

Banyak balita menemui sebuah fase penolakan kepada makanan. Beberapa diantaranya menolak makanan sebab oleh kualitas sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang enggan makan makanan karena adalah rupa makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan seorang anak ditentukan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya adalah berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin ialah hormon yang dapat menaikkan nafsu makan. Sebaliknya hormon Leptin bisa menurunkan gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dipancarkan di perut yang kemudian akan meneruskan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Taksiran jatah kalori dalam satu hari untuk anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) jadi kurang gairah makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila anak anak Anda mengalami hal tersebut, apalagi sampai ngambek makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa bapak ibu yang berbuat ini ketika anaknya tidak mau makan. Maklum kekhawatiran ayah bunda, tetapi justru dapat menyebabkan keramaian pada saat makan. Masalah ini dapat menyebabkan anak tidak peka akan rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menampilkan makanan, buatlah berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertarik terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan bisa menjadikan saat makan yang menyenangkan. Ayo kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berguna untuk variasi vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggugah selera dan menyenangkan bisa dipakai untuk menarik nafsu makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan agar cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan malah akan mengurangi gairah makan. Mesti divariasi dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa dihidangkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Dialog dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar nafsu makan tetap terpelihara dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan menjadikan orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Bila gairah makan jelek berlarut larut, cepat cepat untuk bertemu dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc dapat menurunnya selera makan. Dan percobaan yang dikerjakan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menumbuhkan hasrat makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar