pedoman supaya Menambah Selera Makan Anak anak

Kebanyakan balita menemui sebuah fase penghindaran atas makanan. Beberapa diantaranya menampik makanan sebab oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang tidak mau makan makanan sebab merupakan macam makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya adalah antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang bisa meningkatkan selera makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin bisa menghilangkan gairah makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan di perut yang setelah itu akan memancarkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Taksiran asupan kalori perhari buat anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) menjadi kurang nafsu makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda mengalami hal itu, apalagi sampai berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa ayah bunda yang berbuat ini pada saat anaknya tidak mau makan. Maklum kekhawatiran orang tua, tetapi justru bisa menjadikan ketegangan pada saat makan. Masalah ini dapat menyebabkan anak tidak sensitif akan rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, buatlah berwarna warni supaya lebih menggoda buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang menarik, maka diharapkan bisa membuat saat makan yang menyenangkan. Silahkan padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda ketika disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. Hal ini juga berlaku untuk variasi nutrisi makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan dapat digunakan untuk menggugah nafsu makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disuguhkan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian satu piring penuh dengan makanan malah akan mengurangi gairah makan. Harus dibuat dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Selain itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan lembut. Supaya memberi waktu pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya nafsu makan konsisten terjaga dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan membuat orang tua mengetahui selera makan anaknya seperti apa. Sekaligus mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau nafsu makan rendah berlarut larut, segera untuk bertemu dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc dapat menurunnya gairah makan. Dan eksperimen yang digiatkan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin dapat menaikkan hasrat makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar