Cara agar Menambah Nafsu Makan Anak anak

Beberapa anak anak mengalami sebuah waktu penolakan kepada makanan. sementara diantaranya enggan makan makanan dikarenakan oleh karakter sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang menampik makanan dikarenakan adalah rupa makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan berkebalikan antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang bisa menambah nafsu makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat membuat turun nafsu makan. Hormon ghrelin itu akan dipancarkan dalam perut yang setelah itu akan memancarkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Taksiran asupan kalori dalam sehari bagi anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) menjadi kurang nafsu makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda menjalani hal tersebut, apalagi sampai harus berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Kebanyakan bapak ibu yang melakukan ini saat anaknya mogok makan. Maklum kekhawatiran ayah bunda, tetapi justru dapat terjadi keributan pada waktu makan. Masalah ini bisa menyebabkan anak kurang peka akan rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tergoda terhadap warna warni yang menarik, maka diharapkan bisa membuat saat makan yang menyenangkan. Silahkan padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. Hal ini juga berlaku untuk ragam nutrisi makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa dipakai untuk menggoda selera makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi selera makan. Mesti dibuat dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa dihidangkan beberapa kali. Selain itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan konsisten terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan menjadikan orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Jika nafsu makan buruk berlarut larut, buru buru untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunkan gairah makan. Dan percobaan yang dilakukan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menambah hasrat makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar