pedoman untuk Menambah Nafsu Makan Anak anak

Kebanyakan anak anak mengalami sebuah waktu menghindari akan makanan. Beberapa diantaranya tidak mau makan makanan dikarenakan oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang tidak mau makan makanan disebabkan adalah macam makanan yang relatif baru dan hanya bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya adalah antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin ialah hormon yang bisa menaikkan nafsu makan. Sebaliknya hormon Leptin dapat membuat turun gairah makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan dalam perut yang setelah itu akan meneruskan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Perkiraan jatah kalori dalam satu hari untuk anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa kurang selera makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda mengalami hal itu, apalagi sampai mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa orang tua yang melaksanakan ini ketika anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi bahkan dapat terjadi keramaian pada waktu makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak tidak sensitif terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam sajian makanan, buatlah berwarna warni supaya lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tergoda terhadap warna warni yang kontras, maka diharapkan bisa menjadikan saat makan yang menyenangkan. Ayo kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. Hal ini juga berguna untuk ragam nutrisi makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggugah selera dan menyenangkan bisa dipakai guna menggoda gairah makan dari sang anak.  Hidangkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disuguhkan supaya cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan satu piring penuh dengan makanan justru akan mengurangi gairah makan. Mesti dibuat dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk memakan makanan dengan perlahan. Supaya memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Diskusi dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar gairah makan selalu terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan membuat orang tua mengetahui selera makan anaknya seperti apa. Sekalian mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Ketika gairah makan jelek berlarut larut, cepat cepat untuk bertemu dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunnya selera makan. Dan pemeriksaan yang dilakukan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menumbuhkan selera makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar