Tips & Trik untuk Menambah Gairah Makan Anak anak

Beberapa anak anak mengalami sebuah waktu penolakan akan makanan. Beberapa diantaranya menampik makanan sebab oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang enggan makan makanan disebabkan merupakan jenis makanan yang relatif baru dan hanya menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang bisa meningkatkan selera makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat membuat turun nafsu makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan dalam perut yang setelah itu akan meneruskan sinyal ke otak sehingga merasa lapar.

Perhitungan jatah kalori perhari buat anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang gairah makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda merasa hal itu, apalagi sampai mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak papa mama yang berbuat ini saat anaknya susah makan. Maklum kekhawatiran orang tua, tetapi justru bisa terjadi ketegangan pada waktu makan. Masalah ini bisa menyebabkan anak kurang peka terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menyajikan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang kontras, maka diharapkan dapat menjadikan saat makan yang membuat senang. Silahkan kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. Hal ini juga berguna untuk selingan nutrisi makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggugah selera dan menyenangkan dapat dipakai untuk menggoda nafsu makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan sepiring penuh dengan makanan malah bisa mengurangi nafsu makan. Mesti dibuat dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Dialog dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya selera makan tetap terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan menjadikan orang tua mengerti nafsu makan anaknya seperti apa. Sekalian memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila selera makan rendah berlarut larut, cepat cepat untuk bertemu dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc bisa menurunnya gairah makan. Dan eksperimen yang dilakukan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menaikkan gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar