panduan untuk Menambah Nafsu Makan Anak anak

Beberapa balita mengalami sebuah waktu menghindari atas makanan. Sebagian diantaranya menolak makanan dikarenakan oleh kualitas sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang enggan makan makanan disebabkan merupakan macam makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin ialah hormon yang dapat menaikkan nafsu makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat menghilangkan selera makan. Hormon ghrelin itu akan dilepaskan di perut yang kemudian akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga merasa lapar.

Perhitungan jatah kalori dalam satu hari untuk anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa jadi kurang nafsu makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila anak anak Anda menjalani hal tersebut, apalagi sampai berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Kebanyakan ayah bunda yang melaksanakan ini saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi bahkan dapat terjadi keributan pada waktu makan. Masalah ini bisa menyebabkan anak kurang sensitif terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam sajian makanan, jadikan berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tergoda terhadap warna warni yang mencolok, maka diharapkan bisa membuat saat makan yang menyenangkan. Ayo padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. Hal ini juga berguna untuk ragam vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan dapat dipakai untuk menggoda gairah makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disuguhkan agar cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah gairah makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan satu piring penuh dengan makanan justru akan mengurangi selera makan. Harus dibuat dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Selain itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam penyajiannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk memakan makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Diskusi dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan selalu terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan membuat orang tua mengerti nafsu makan anaknya seperti apa. Sekalian menerangkan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Ketika gairah makan jelek berlarut larut, buru buru untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc bisa menurunnya selera makan. Dan eksperimen yang dilakukan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menaikkan gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar