pedoman untuk Menambah Gairah Makan Anak anak

Banyak anak anak menemui sebuah fase penolakan kepada makanan. Sebagian diantaranya menampik makanan sebab oleh kualitas sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang enggan makan makanan dikarenakan merupakan macam makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak anak ditentukan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin ialah hormon yang dapat menambah nafsu makan. Sebaliknya hormon Leptin bisa menghilangkan selera makan. Hormon ghrelin itu akan dipancarkan dalam perut yang kemudian akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Perhitungan asupan kalori perhari buat anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa kurang selera makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila putra putri Anda mengalami hal itu, apalagi sampai harus berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa bapak ibu yang melaksanakan ini pada saat anaknya mogok makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi justru bisa terjadi keributan pada waktu makan. Masalah ini dapat mengakibatkan anak kurang peka terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, jadikan berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang menarik, sehingga diharapkan bisa membuat saat makan yang menyenangkan. Ayo padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berlaku untuk ragam vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan dapat digunakan guna menggugah gairah makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan malah akan mengurangi selera makan. Kudu dibuat dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa dihidangkan beberapa kali. Selain itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk memakan makanan dengan lembut. Supaya memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan tetap terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan membuat orang tua memahami selera makan anaknya seperti apa. Sekalian menerangkan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Jika nafsu makan rendah berlarut larut, cepat cepat untuk bertemu dengan dokter. Karena kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunkan selera makan. Dan penelitian yang dilakukan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc kemungkinan dapat menambah gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar