pedoman supaya Menambah Selera Makan Anak

Banyak anak anak mengalami sebuah masa menghindari kepada makanan. Sebagian diantaranya menampik makanan dikarenakan oleh karakter sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang tidak mau makan makanan disebabkan merupakan rupa makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berkebalikan antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang bisa menaikkan selera makan. Sebaliknya hormon Leptin dapat menghilangkan nafsu makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan dalam perut yang setelah itu akan memancarkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perhitungan asupan kalori perhari buat anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) jadi kurang nafsu makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda merasa hal tersebut, apalagi sampai harus berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa bapak ibu yang melaksanakan ini saat anaknya mogok makan. Maklum kekhawatiran orang tua, tetapi bahkan dapat menyebabkan keributan pada waktu makan. Masalah ini dapat menyebabkan anak tidak sensitif akan rasa lapar suatu saat. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menyajikan makanan, dibuat berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang kontras, maka diharapkan bisa menjadikan saat makan yang tidak membosankan. Mari padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berlaku untuk selingan nutrisi makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggugah selera dan menyenangkan dapat digunakan untuk menggoda selera makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan sepiring penuh dengan makanan justru akan mengurangi gairah makan. Harus divariasi dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam penyajiannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan lembut. Supaya memberi waktu pada anak untuk menakar rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya selera makan konsisten terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan membuat orang tua mengerti nafsu makan anaknya seperti apa. Sekalian memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Bila gairah makan buruk berlarut larut, buru buru untuk berdiskusi dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc bisa menurunnya nafsu makan. Dan pengkajian yang digiatkan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali dapat menambah nafsu makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar