panduan agar Menambah Nafsu Makan Anak

Beberapa anak anak mengalami sebuah fase penghindaran terhadap makanan. sementara diantaranya menolak makanan sebab oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang menampik makanan karena adalah macam makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang dapat menambah gairah makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat menghilangkan gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dipancarkan dalam perut yang kemudian akan memancarkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Perhitungan jatah kalori dalam satu hari buat anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa jadi kurang nafsu makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda mengalami hal itu, apalagi sampai harus mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak papa mama yang berbuat ini ketika anaknya mogok makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi justru bisa menyebabkan keramaian pada waktu makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak tidak peka terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menggoda buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang menarik, maka diharapkan dapat menjadikan waktu makan yang menyenangkan. Mari padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda ketika disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berlaku untuk variasi vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan dapat dipakai guna menarik gairah makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan sepiring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi nafsu makan. Mesti dibuat dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan lembut. Agar memberi waktu pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Diskusi dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan tetap terjaga dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan menjadikan orang tua memahami selera makan anaknya seperti apa. Sekalian menjelaskan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau selera makan jelek berlarut larut, segera untuk berdialog dengan dokter. Karena kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc dapat menurunkan selera makan. Dan eksperimen yang dilakukan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin dapat meningkatkan dorongan makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar