Cara untuk Menambah Gairah Makan Anak anak

Banyak balita mengalami sebuah waktu menghindari akan makanan. Sebagian diantaranya enggan makan makanan dikarenakan oleh kualitas sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang enggan makan makanan karena adalah macam makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Selera makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin adalah hormon yang bisa menambah selera makan. Sebaliknya hormon Leptin dapat membuat turun gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dilepaskan di perut yang kemudian akan memancarkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perhitungan jatah kalori dalam satu hari untuk anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang selera makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda menjalani hal tersebut, apalagi sampai mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Kebanyakan orang tua yang melakukan ini pada saat anaknya tidak mau makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi justru dapat menyebabkan keramaian pada saat makan. Masalah ini dapat mengakibatkan anak tidak peka terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menyajikan makanan, jadikan berwarna warni agar lebih menarik buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tergoda terhadap warna warni yang kontras, maka diharapkan bisa menjadikan waktu makan yang menggembirakan. Mari kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berlaku untuk ragam nutrisi makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa dipakai untuk menarik gairah makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan satu piring penuh dengan makanan malah bisa mengurangi nafsu makan. Harus divariasi dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Selain itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk memakan makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan selalu terjaga dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan membuat orang tua memahami nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau nafsu makan rendah berlarut larut, segera untuk berdialog dengan dokter. Karena kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc bisa menurunnya selera makan. Dan penelitian yang dilakukan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali dapat meningkatkan nafsu makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar