panduan agar Menambah Nafsu Makan Anak anak

Banyak anak anak alami sebuah masa penolakan terhadap makanan. Beberapa diantaranya enggan makan makanan karena oleh karakter sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang tidak mau makan makanan karena merupakan macam makanan yang relatif baru dan hanya bisa menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Selera makan anak anak ditentukan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat menghilangkan gairah makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan dalam perut yang kemudian akan meneruskan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perkiraan asupan kalori dalam satu hari bagi anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang selera makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda menjalani hal tersebut, apalagi sampai harus mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak bapak ibu yang melakukan ini ketika anaknya tidak mau makan. Maklum kekhawatiran orang tua, tetapi bahkan dapat menjadikan ketegangan pada waktu makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak tidak sensitif akan rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menampilkan makanan, buatlah berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertarik terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan bisa menjadikan saat makan yang menyenangkan. Ayo kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda ketika dihidangkan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berguna untuk ragam nutrisi makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan dapat digunakan guna menggoda selera makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disuguhkan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan satu piring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi nafsu makan. Harus divariasi dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan lembut. Agar memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Dialog dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya nafsu makan konsisten terjaga dan mengulur rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan membuat orang tua memahami selera makan anaknya seperti apa. Sekaligus memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila nafsu makan rendah berlarut larut, cepat cepat untuk berdialog dengan dokter. Karena kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunkan gairah makan. Dan pengkajian yang dikerjakan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc kemungkinan dapat meningkatkan gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar