pedoman supaya Menambah Nafsu Makan Anak anak

Kebanyakan anak anak alami sebuah waktu menghindari akan makanan. Sebagian diantaranya menolak makanan disebabkan oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang enggan makan makanan dikarenakan merupakan rupa makanan yang relatif baru dan hanya bisa menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan seorang anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin adalah hormon yang dapat meningkatkan gairah makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat menurunkan nafsu makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan dalam perut yang kemudian akan memancarkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Taksiran jatah kalori perhari buat anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa jadi kurang selera makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda mengalami hal tersebut, apalagi sampai berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Kebanyakan bapak ibu yang berbuat ini pada saat anaknya susah makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi bahkan bisa terjadi keramaian pada saat makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak kurang peka terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menampilkan makanan, buatlah berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang kontras, maka diharapkan bisa membuat saat makan yang tidak membosankan. Mari kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berlaku untuk variasi vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa digunakan guna menarik selera makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah gairah makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan satu piring penuh dengan makanan malah akan mengurangi selera makan. Kudu dibuat dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa dihidangkan beberapa kali. Kecuali itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam penyajiannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Agar memberi waktu pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Dialog dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan konsisten terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan membuat orang tua memahami nafsu makan anaknya seperti apa. Sekalian mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Jika gairah makan menurun berlarut larut, cepat cepat untuk berdialog dengan dokter. Karena kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunnya nafsu makan. Dan eksperimen yang dikerjakan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menaikkan gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar