panduan agar Menambah Gairah Makan Anak

Beberapa anak mengalami sebuah fase penghindaran terhadap makanan. sementara diantaranya menampik makanan karena oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang enggan makan makanan sebab adalah jenis makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berkebalikan antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin ialah hormon yang bisa menaikkan nafsu makan. Sebaliknya hormon Leptin dapat menghilangkan nafsu makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan di perut yang kemudian akan meneruskan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perkiraan jatah kalori perhari bagi anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang nafsu makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda merasa hal itu, apalagi sampai berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Banyak orang tua yang melakukan ini saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi justru dapat menyebabkan keributan pada saat makan. Masalah ini bisa menyebabkan anak tidak peka terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menampilkan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tertarik terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan yang menggembirakan. Mari kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berlaku untuk selingan vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa dipakai untuk menarik gairah makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan agar cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah gairah makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan sepiring penuh dengan makanan bahkan bisa mengurangi nafsu makan. Kudu dibuat dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk memakan makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Berbincang dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan selalu terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan menjadikan orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekalian memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Ketika gairah makan menurun berlarut larut, buru buru untuk bertemu dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunnya nafsu makan. Dan pengkajian yang dilakukan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali dapat meningkatkan hasrat makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar