Tips & Trik supaya Menambah Gairah Makan Anak anak

Kebanyakan anak menemui sebuah masa penghindaran kepada makanan. sementara diantaranya menampik makanan dikarenakan oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang menolak makanan dikarenakan merupakan macam makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Selera makan seorang anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin merupakan hormon yang dapat menambah nafsu makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin bisa menurunkan nafsu makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan dalam perut yang kemudian akan meneruskan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Taksiran jatah kalori perhari untuk anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa kurang selera makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda mengalami hal tersebut, apalagi sampai harus mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa ayah bunda yang berbuat ini saat anaknya susah makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi justru bisa menyebabkan ketegangan pada waktu makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak kurang sensitif terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, buatlah berwarna warni supaya lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang mencolok, maka diharapkan dapat membuat saat makan yang menyenangkan. Mari kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berguna untuk ragam nutrisi makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menarik selera dan menyenangkan dapat digunakan untuk menggugah selera makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan malah akan mengurangi nafsu makan. Kudu dibuat dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan lembut. Agar memberi jeda pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar nafsu makan konstan terpelihara dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan membuat orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Bila nafsu makan menurun berlarut larut, segera untuk bertemu dengan dokter. Karena kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunkan gairah makan. Dan pengkajian yang digiatkan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menumbuhkan selera makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar