Cara agar Menambah Nafsu Makan Anak anak

Kebanyakan anak anak menemui sebuah masa penghindaran akan makanan. sementara diantaranya tidak mau makan makanan karena oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang menolak makanan karena adalah macam makanan yang relatif baru dan hanya bisa menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya merupakan berkebalikan antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin adalah hormon yang bisa menaikkan gairah makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat menghilangkan selera makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan dalam perut yang kemudian akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Taksiran asupan kalori dalam sehari buat anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) jadi kurang selera makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda menjalani hal itu, apalagi sampai harus mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Banyak papa mama yang melaksanakan ini pada saat anaknya mogok makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi bahkan dapat terjadi keributan pada waktu makan. Masalah ini bisa menyebabkan anak kurang sensitif akan rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam sajian makanan, buatlah berwarna warni agar lebih menarik buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang menarik, maka diharapkan dapat membuat saat makan yang tidak membosankan. Silahkan kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda ketika dihidangkan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berlaku untuk selingan vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggugah selera dan menyenangkan dapat dipakai guna menarik nafsu makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan supaya cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan malah bisa mengurangi selera makan. Kudu divariasi dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Kecuali itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Supaya memberi jeda pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Berbincang dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar gairah makan selalu terjaga dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan membuat orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus menerangkan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila nafsu makan buruk berlarut larut, cepat cepat untuk berdialog dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc bisa menurunnya selera makan. Dan percobaan yang dilakukan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa meningkatkan gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar