pedoman supaya Menambah Selera Makan Anak anak

Beberapa balita menemui sebuah fase penolakan atas makanan. sementara diantaranya menolak makanan karena oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang menolak makanan dikarenakan merupakan jenis makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan anak anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya adalah antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang satu yaitu Ghrelin adalah hormon yang bisa menambah selera makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin bisa menghilangkan gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dipancarkan dalam perut yang setelah itu akan memancarkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perkiraan asupan kalori perhari bagi anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang nafsu makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila anak anak Anda menjalani hal tersebut, apalagi sampai mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Banyak bapak ibu yang berbuat ini pada saat anaknya mogok makan. Maklum kekhawatiran ayah bunda, tetapi bahkan bisa terjadi keributan pada saat makan. Masalah ini dapat mengakibatkan anak kurang sensitif akan rasa lapar suatu saat. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, buatlah berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tertarik terhadap warna warni yang kontras, sehingga diharapkan bisa menjadikan waktu makan yang menyenangkan. Silahkan kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berguna untuk selingan vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menarik selera dan menyenangkan bisa digunakan guna menarik gairah makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disuguhkan agar cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan gairah makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian satu piring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi gairah makan. Harus divariasi dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Agar memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan konsisten terjaga dan mengulur rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan menjadikan orang tua mengetahui selera makan anaknya seperti apa. Sekaligus mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila gairah makan rendah berlarut larut, buru buru untuk berdialog dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc bisa menurunnya nafsu makan. Dan observasi yang dikerjakan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menambah nafsu makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar