panduan agar Menambah Selera Makan Anak anak

Kebanyakan anak alami sebuah waktu penolakan kepada makanan. Beberapa diantaranya menampik makanan disebabkan oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang menolak makanan dikarenakan merupakan macam makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan seorang anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin ialah hormon yang dapat meningkatkan selera makan. Sebaliknya hormon Leptin dapat menurunkan selera makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan dalam perut yang setelah itu akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Taksiran asupan kalori perhari buat anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) jadi kurang gairah makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda menjalani hal itu, apalagi sampai mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Banyak orang tua yang melaksanakan ini saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi justru bisa menjadikan keributan pada saat makan. Masalah ini dapat menyebabkan anak tidak peka terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menampilkan makanan, jadikan berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang mencolok, maka diharapkan dapat membuat waktu makan yang menggembirakan. Silahkan kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berguna untuk selingan vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggugah selera dan menyenangkan dapat dipakai guna menggoda selera makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan sepiring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi selera makan. Harus dibuat dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa dihidangkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk memakan makanan dengan lembut. Agar memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan konstan terpelihara dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan membuat orang tua memahami selera makan anaknya seperti apa. Sekalian mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau selera makan menurun berlarut larut, cepat cepat untuk berdiskusi dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc bisa menurunnya selera makan. Dan pemeriksaan yang dikerjakan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin dapat menaikkan nafsu makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar