panduan agar Menambah Selera Makan Anak anak

Banyak balita alami sebuah masa penolakan akan makanan. Beberapa diantaranya menampik makanan disebabkan oleh kualitas sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang tidak mau makan makanan sebab adalah macam makanan yang relatif baru dan hanya menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berkebalikan antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin merupakan hormon yang bisa menaikkan nafsu makan. Sebaliknya hormon Leptin bisa menurunkan gairah makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan di perut yang kemudian akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Perkiraan jatah kalori dalam satu hari bagi anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa kurang nafsu makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila anak anak Anda mengalami hal itu, apalagi sampai harus ngambek makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak orang tua yang melakukan ini pada saat anaknya tidak mau makan. Maklum kekhawatiran orang tua, tetapi bahkan bisa menyebabkan keramaian pada saat makan. Masalah ini dapat mengakibatkan anak tidak sensitif terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menyajikan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang menarik, maka diharapkan dapat membuat saat makan yang membuat senang. Mari kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berlaku untuk selingan vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan dapat digunakan untuk menggoda selera makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan malah akan mengurangi gairah makan. Harus divariasi dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa dihidangkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam penyajiannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Agar memberi jeda pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Berbincang dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan tetap terpelihara dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan membuat orang tua mengerti selera makan anaknya seperti apa. Sekalian menerangkan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau gairah makan rendah berlarut larut, segera untuk berdiskusi dengan dokter. Karena kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc dapat menurunkan selera makan. Dan eksperimen yang dikerjakan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menaikkan nafsu makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar