panduan agar Menambah Nafsu Makan Anak

Beberapa anak mengalami sebuah masa penghindaran atas makanan. Sebagian diantaranya tidak mau makan makanan sebab oleh karakter sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang menampik makanan karena adalah rupa makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan seorang anak ditentukan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin merupakan hormon yang dapat menaikkan gairah makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat menurunkan gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dilepaskan di perut yang kemudian akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga merasa lapar.

Perkiraan jatah kalori dalam satu hari buat anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang gairah makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila anak anak Anda merasa hal itu, apalagi sampai ngambek makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak papa mama yang melaksanakan ini pada saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi justru bisa terjadi keributan pada saat makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak kurang peka terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam menyajikan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menggoda buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan bisa menjadikan waktu makan yang tidak membosankan. Silahkan padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berguna untuk ragam nutrisi makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menarik selera dan menyenangkan bisa dipakai untuk menggoda nafsu makan dari sang anak.  Hidangkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan menggugah selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan sepiring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi gairah makan. Kudu divariasi dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk memakan makanan dengan lembut. Agar memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya nafsu makan konstan terjaga dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan menjadikan orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau nafsu makan jelek berlarut larut, segera untuk berdialog dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc dapat menurunkan selera makan. Dan observasi yang digiatkan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menambah hasrat makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar