pedoman agar Menambah Nafsu Makan Anak

Beberapa balita menemui sebuah masa menghindari kepada makanan. sementara diantaranya enggan makan makanan disebabkan oleh karakter sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang menampik makanan disebabkan adalah jenis makanan yang relatif baru dan hanya bisa menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Selera makan seorang anak ditentukan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya adalah antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin merupakan hormon yang bisa menaikkan selera makan. Sebaliknya hormon Leptin bisa menurunkan gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dilepaskan dalam perut yang setelah itu akan memancarkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perhitungan asupan kalori dalam satu hari buat anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) jadi kurang selera makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda merasa hal itu, apalagi sampai harus berhenti makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Kebanyakan papa mama yang melakukan ini pada saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran ayah bunda, tetapi bahkan bisa terjadi ketegangan pada saat makan. Masalah ini dapat menyebabkan anak kurang peka terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam sajian makanan, dibuat berwarna warni agar lebih menarik buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang menarik, maka diharapkan dapat menjadikan saat makan yang menggembirakan. Ayo padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda ketika disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berlaku untuk selingan vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggugah selera dan menyenangkan dapat dipakai untuk menggugah selera makan dari sang anak.  Sajikanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan gairah makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan sepiring penuh dengan makanan justru akan mengurangi gairah makan. Harus dibuat dengan cara memisahkan nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Selain itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Supaya memberi waktu pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Dialog dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan konsisten terjaga dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyuguhkan makanan, akan menjadikan orang tua mengerti selera makan anaknya seperti apa. Sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Jika nafsu makan buruk berlarut larut, buru buru untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc bisa menurunkan selera makan. Dan observasi yang dikerjakan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali dapat menambah hasrat makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar