Tips & Trik untuk Menambah Gairah Makan Anak anak

Kebanyakan anak anak alami sebuah masa menghindari atas makanan. Sebagian diantaranya enggan makan makanan karena oleh kualitas sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang enggan makan makanan dikarenakan adalah rupa makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan anak anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya adalah berkebalikan antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin ialah hormon yang bisa menaikkan gairah makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin bisa membuat turun gairah makan. Hormon ghrelin itu akan dilepaskan dalam perut yang setelah itu akan memancarkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Taksiran jatah kalori perhari buat anak anak bervariasi kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) jadi kurang selera makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda merasa hal tersebut, apalagi sampai harus mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak bapak ibu yang melakukan ini saat anaknya susah makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi justru dapat menyebabkan ketegangan pada saat makan. Masalah ini dapat mengakibatkan anak kurang peka akan rasa lapar dikemudian hari. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam sajian makanan, buatlah berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan dapat menjadikan waktu makan yang menyenangkan. Mari kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda ketika dihidangkan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. keadaan ini juga berlaku untuk ragam nutrisi makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menarik selera dan menyenangkan dapat digunakan untuk menggoda selera makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disajikan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian satu piring penuh dengan makanan malah akan mengurangi gairah makan. Harus divariasi dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Kecuali itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menyuguhkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Supaya memberi waktu pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Percakapan dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar nafsu makan konsisten terjaga dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menghindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan membuat orang tua memahami nafsu makan anaknya seperti apa. Sekalian menjelaskan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila nafsu makan buruk berlarut larut, segera untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena kekurangan zat vitamin tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunkan nafsu makan. Dan pengkajian yang dikerjakan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menumbuhkan gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar