panduan untuk Menambah Gairah Makan Anak

Kebanyakan anak anak menemui sebuah waktu penghindaran akan makanan. sementara diantaranya enggan makan makanan disebabkan oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang tidak mau makan makanan disebabkan merupakan rupa makanan yang relatif baru dan hanya menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Nafsu makan seorang anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang gunanya adalah berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin ialah hormon yang bisa menambah gairah makan. Berlawanan dengan itu hormon Leptin dapat membuat turun gairah makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan di perut yang kemudian akan meneruskan sinyal ke otak sehingga merasa lapar.

Perhitungan jatah kalori perhari buat anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

banyak hal penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) mengalami kurang gairah makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Apabila anak anak Anda menjalani hal tersebut, apalagi sampai ngambek makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak bapak ibu yang melaksanakan ini pada saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran bapak ibu, tetapi justru dapat menjadikan keramaian pada saat makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak tidak peka terhadap rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, dibuat berwarna warni supaya lebih menarik buat anak anak, sebab biasanya mata anak anak akan lebih tergoda terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan bisa membuat saat makan yang menyenangkan. Silahkan kombinasikan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berguna untuk variasi vitamin makanan yang dibutuhkan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Aroma makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa dipakai untuk menggugah selera makan dari sang anak.  Suguhkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan gairah makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Sajian sepiring penuh dengan makanan bahkan akan mengurangi selera makan. Harus dibuat dengan cara membagi nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Selain itu dengan bagian yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Supaya memberi waktu pada anak untuk menakar rasa laparnya. Diskusi dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan konsisten terpelihara dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk menjauhi minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberikan setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan membuat orang tua memahami nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila gairah makan menurun berlarut larut, cepat cepat untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc dapat menurunkan selera makan. Dan percobaan yang dikerjakan pada beberapa hewan memberikan kesimpulan bahwa zinc kemungkinan dapat meningkatkan nafsu makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar