pedoman supaya Menambah Selera Makan Anak anak

Kebanyakan anak alami sebuah masa menghindari kepada makanan. sementara diantaranya enggan makan makanan dikarenakan oleh bobot sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang tidak mau makan makanan karena adalah macam makanan yang relatif baru dan Cuma bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan seorang anak dikontrol oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya adalah antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin ialah hormon yang dapat meningkatkan gairah makan. Sebaliknya hormon Leptin bisa menurunkan nafsu makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan dalam perut yang setelah itu akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perhitungan jatah kalori dalam satu hari bagi anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) menjadi kurang selera makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda mengalami hal itu, apalagi sampai harus mogok makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Kebanyakan bapak ibu yang melaksanakan ini pada saat anaknya susah makan. Maklum kekhawatiran ayah bunda, tetapi bahkan bisa terjadi keramaian pada saat makan. Masalah ini dapat menyebabkan anak kurang peka terhadap rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, buatlah berwarna warni agar lebih menarik buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih terbujuk terhadap warna warni yang mencolok, maka diharapkan dapat menjadikan saat makan yang menyenangkan. Silahkan padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat dihidangkan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berguna untuk selingan vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa dipakai guna menarik selera makan dari sang anak.  Hidangkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum disuguhkan agar hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan nafsu makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan sepiring penuh dengan makanan malah akan mengurangi gairah makan. Harus dibuat dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi bagian yang kecil, yang bisa disajikan beberapa kali. Selain itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam penyajiannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Biasakanlah untuk memakan makanan dengan lembut. Supaya memberi jeda pada anak untuk menakar rasa laparnya. Diskusi dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya gairah makan konsisten terjaga dan mengulur rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyiapkan makanan, akan membuat orang tua mengetahui selera makan anaknya seperti apa. Sekalian mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Apabila nafsu makan menurun berlarut larut, buru buru untuk berdialog dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc bisa menurunkan selera makan. Dan percobaan yang dilakukan pada beberapa hewan menghasilkan kesimpulan bahwa zinc mungkin sekali bisa menambah selera makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar