pedoman agar Menambah Gairah Makan Anak anak

Banyak anak anak alami sebuah waktu penghindaran akan makanan. sementara diantaranya menolak makanan sebab oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Selain itu ada juga yang tidak mau makan makanan disebabkan adalah rupa makanan yang relatif baru dan hanya bisa menerima makanan jenis makanan yang itu itu saja yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Gairah makan anak anak ditentukan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan berlawanan antara satu dengan yang lain. Hormon yang pertama yaitu Ghrelin ialah hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sebaliknya hormon Leptin dapat menurunkan gairah makan. Hormon ghrelin tersebut akan dilepaskan di perut yang kemudian akan meneruskan sinyal ke otak sehingga ada rasa lapar.

Perkiraan asupan kalori dalam sehari buat anak anak berbeda kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) bisa kurang gairah makan. Antara lain stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, tampilan makanan yang tidak menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika anak anak Anda merasa hal itu, apalagi sampai ngambek makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Ada banyak ayah bunda yang berbuat ini saat anaknya berhenti makan. Maklum kekhawatiran papa mama, tetapi bahkan bisa terjadi keributan pada saat makan. Masalah ini bisa menyebabkan anak tidak sensitif akan rasa lapar dikemudian hari. Jadi memang harus sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam tampilan makanan, buatlah berwarna warni supaya lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang mencolok, sehingga diharapkan bisa membuat waktu makan yang membuat senang. Ayo padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, maupun sebagai bekal sekolahnya. Hal ini juga berlaku untuk selingan nutrisi makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa digunakan untuk menggoda nafsu makan dari sang anak.  Hidangkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan supaya hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Suguhan satu piring penuh dengan makanan malah akan mengurangi selera makan. Mesti divariasi dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Kecuali itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam penyajiannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk memakan makanan dengan perlahan. Agar memberi jeda pada anak untuk menimbang rasa laparnya. Diskusi dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberikan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Agar selera makan tetap terpelihara dan menunda rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Mengajak anak anak dalam membeli bahan, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan membuat orang tua mengerti nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus mendeskripsikan nutrisi yang baik pada anak anak, sehingga mereka menangkap pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau gairah makan menurun berlarut larut, cepat cepat untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc mengakibatkan menurunkan selera makan. Dan observasi yang dilakukan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menambah gairah makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar