pedoman supaya Menambah Nafsu Makan Anak

Banyak anak anak mengalami sebuah masa penghindaran atas makanan. sementara diantaranya enggan makan makanan sebab oleh tingkat sensori (seperti  tekstur, rasa, maupun suhu makanan). Kecuali itu ada juga yang menolak makanan dikarenakan adalah rupa makanan yang relatif baru dan Cuma menerima makanan jenis makanan tertentu yang begitu terbatas.

Kunjungi kami : http://suplemenanak.net/



Selera makan seorang anak dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin yang fungsinya merupakan antagonis antara satu dengan yang lain. Hormon yang kesatu yaitu Ghrelin ialah hormon yang dapat menambah gairah makan. Sebaliknya hormon Leptin bisa menghilangkan selera makan. Hormon ghrelin tersebut akan dipancarkan di perut yang kemudian akan melanjutkan sinyal ke otak sehingga terassa lapar.

Taksiran jatah kalori perhari untuk anak anak bermacam macam kebutuhannya sesuai dengan usianya.

beberapa penyebab mengapa seseorang (terutama anak anak) menjadi kurang selera makan. Yaitu stress, efek samping obat, tegang, depresi, rasa makanan, sajian makanan yang kurang menarik.

Kami ada di : http://wismaherbal.com/category/madu/


Jika putra putri Anda mengalami hal tersebut, apalagi sampai harus ngambek makan, tips dan trik ini bisa Anda coba...

  • Jangan Memaksa


Beberapa ayah bunda yang berbuat ini ketika anaknya susah makan. Maklum kekhawatiran ayah bunda, tetapi justru dapat terjadi ketegangan pada saat makan. Masalah ini bisa mengakibatkan anak kurang peka akan rasa lapar suatu saat. Jadi seharusnya sabar dan telaten dengan bujuk rayu yang baik.

  • Tampilan Makanan yang menarik


Dalam sajian makanan, dibuat berwarna warni agar lebih menggoda buat anak anak, karena biasanya mata anak anak akan lebih tertuju terhadap warna warni yang mencolok, maka diharapkan dapat menjadikan waktu makan yang menggembirakan. Silahkan padukan berbagai macam sayuran berwarna yang berbeda beda pada saat disajikan di meja makan, dan juga sebagai bekal sekolahnya. kondisi ini juga berguna untuk variasi vitamin makanan yang diperlukan anak anak.

  • Aroma makanan yang menggoda


Bau makanan yang menggoda selera dan menyenangkan bisa digunakan untuk menggoda nafsu makan dari sang anak.  Hidangkanlah makanan yang baru selesai dimasak, atau hangatkan makanan sebelum dihidangkan agar cuping hidung mempunyai waktu membaui atau mencium yang akan membangkitkan selera makannya.

  • Buat Porsi makanan yang kecil kecil


Hidangan sepiring penuh dengan makanan justru bisa mengurangi nafsu makan. Harus dibuat dengan cara memecah nutrisi dari piring yang satu dengan piring yang lain sehingga menjadi porsi yang kecil, yang bisa disuguhkan beberapa kali. Selain itu dengan porsi yang lebih kecil juga lebih mudah dalam menghidangkannya.

  • Melahap makanan dengan perlahan


Pembiasaan untuk memakan makanan dengan perlahan. Supaya memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Dialog dengan anak, apakah sudah kenyang, sebelum memberi asupan makanan tambahan.

  • Membatasi minum saat makan


Supaya selera makan selalu terjaga dan mengundurkan rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak pada saat waktu makan. Air, jus, teh dan minuman sejenisnya, silahkan diberi minum setelah acara makan selesai.

  • Keterlibatan anak dalam menyiapkan makanan


Membawa anak anak dalam berbelanja, memasak sampai dengan menyajikan makanan, akan menjadikan orang tua mengetahui nafsu makan anaknya seperti apa. Sekaligus memberi pengertian nutrisi yang baik pada anak anak, oleh sebab itu mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Sehingga mereka bersemangat untuk makan.

  • Konsultasi dengan dokter


Kalau selera makan rendah berlarut larut, buru buru untuk berdialog dengan dokter. Sebab kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc dapat menurunnya selera makan. Dan eksperimen yang dikerjakan pada beberapa hewan mendapat kesimpulan bahwa zinc sangat mungkin bisa menumbuhkan selera makan pada masalah defisiensi zinc jangka pendek.

Demikianlah beberapa tip & trik yang bisa anda coba apabila anak anak anda sedang mengalami kurang nafsu makan...

 

Selamat mencoba!...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar